Indian Railways Siap Bangun Jalur Kereta di Atas Ketinggian 10.000 Kaki!

Tawang Arunchal Pradesh. Sumber: Wall Street International Magazine

Indian Railways siap menorehkan sejarah baru di dunia perkeretaapian global. Pasalnya, negara yang terkenal akan jaringan kereta apinya yang masih diambang batas kenyamanan ini berencana untuk membangun jalur kereta api di ketinggian 10.000 kaki (3.048 meter). Rute kereta yang nantinya akan mengular dari Bhalukpung menuju Distrik Tawang Arunachal Pradesh ini terbentang sejauh 166 km, atau 119 km lebih pendek ketimbang jalur yang kini ada (285 km).

Baca Juga: Indian Railways Bakal Gunakan Drone Untuk Tunjang Pelayanan di Berbagai Aspek

Adapun panjang total dari terowongan yang akan dilintasi oleh kereta ini adalah 29,48 km. Diharapkan dengan adanya jalur kereta ini dapat memangkas waktu perjalanan dari dua titik di Negara penghasil film Bollywood ini.

Dikutip KabarPenumpang.com dari laman financialexpress.com (3/7/2018), jalur kereta ini dianggap sangat strategis karena berdekatan dengan perbatasan internasional dengan Cina. Tidak hanya itu, lokasi Tawang sendiri hanya berjarak 37 km dari Bumla Pass, situs suci umat Budha.

Pembahasan tentang proyek ini terjadipada minggu lalu, ketika Menteri Perkeretaapian di Kementerian Perhubungan India, Rajen Gohain bertemu dengan tim dari Northeastern Frontier Railways (NFR) dan Kepala Menteri Pema Khandu untuk meninjau secara langsung status pembangunan proyek kereta api di negara tersebut. Ketika semua proses peninjauan sudah rampung, diproyeksikan jalur kereta ini bisa beroperasi pada “enam hingga tujuh tahun berselang setelah pembangunan,” ungkap Rajen Gohain.

Tantangan lain yang hadir bagi para kontraktor adalah usulan untuk membangun dua jalan untuk kendaraan konvensional sekaligus di dalam terowongan. Dengan begitu, jarak tempuh kendaraan non kereta api antar kedua kota ini pun dapat lebih dipersingkat.

Baca Juga: Tindaklanjuti Masalah Malfungsi Roda Kereta, Indian Railways Siap Pasang Sensor Canggih!

Dalam sebuah laporan yang dicantumkan di laman sumber, terdapat 11 jalur kereta baru di Tawang Arunachal Pradesh yang nantinya akan segera dioperasikan, dan hingga saat ini masih dalam tahap survei oleh National Security Council Secretariat (NSCS).

Sementara dua jalur lainnya telah selesai ditinjau dan siap untuk masuk ke dalam tahap pembangunan. Berdasar pada survei tersebut, jalur kereta Bhalukpung-Tenga-Tawang merupakan salah satu yang sudah diidentifikasi oleh NSCS. Dalam pembangunan jalur kereta ini, Kementerian Pertahanan bertanggung jawab atas segala pendanaan yang ada.