Google Maps Hadirkan Fitur yang Siap Dukung Kaum Difabel

Sumber: Tech Bakbak

Sebagai salah satu mesin pencarian terbesar di dunia saat ini, sudah selayaknya perusahaan sebesar Google terus melakukan peningkatan di segala lini. Hal ini semata-mata dilakukan untuk meningkatkan pelayanannya dan semakin menjauhkan diri dari para pesaingnya. Melalui salah satu aplikasi andalannya, Google Maps, perusahaan yang berbasis di California, Amerika ini baru saja merilis fitur yang mampu memudahkan aksesibilitas dari para penyandang disabilitas.

Baca Juga: Dilema Penyandang Disabilitas di Transportasi Publik

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (16/3/2018), kehadiran tangga dan eskalator di prasarana transportasi seperti stasiun dan halte bus memang terbukti memudahkan bagi sebagian orang, namun tidak bagi para penyandang disabilitas. Ambil contoh bagi pengguna kursi roda, tentu kehadiran tangga atau eskalator akan menjadi problematika tersendiri bagi mereka. Para pengguna kursi roda membutuhkan bidang datar yang agak landai agar dirinya bisa naik ke tempat yang lebih tinggi.

Walaupun dewasa ini belum terlalu banyak prasarana transportasi yang dilengkapi dengan aksesibilitas bagi kaum difabel, namun mereka berjanji untuk menambahkan jalur khusus bagi para penyandang disabilitas ini. Melalui fitur terbarunya di Google Maps ini, Google berharap dapat memudahkan perjalanan kaum difabel, khususnya bagi mereka yang menggunakan kursi roda.

Sumber: newatlas

Di dalam aplikasi Google Maps, Anda bisa menekan tombol “Option” dan mencentang pilihan “Wheelchair Accessible”. Dengan begitu, Google secara otomatis akan menyortir lokasi mana saja yang menyediakan akses khusus bagi para penyandang disabilitas ini. Jika ditelaah lebih jauh lagi, sebenarnya langkah yang diambil Google dalam menghadirkan fitur terbarunya ini adalah untuk menyeimbangkan sarana transportasi berbasis massal seperti kereta dan bus yang sudah menyediakan ruang khusus bagi para penyandang disabilitas di dalamnya.

Baca Juga: Perusahaan Bus di California Hadirkan Peta Audio dan Tactile Untuk Kaum Difabel

Namun, fitur terbaru ini belum bisa dinikmati oleh kaum difabel di seluruh dunia. Pasalnya, hingga saat ini, para pengguna Google Maps yang berada London, New york, Tokyo, Mexico City, Boston, dan Sydney saja yang baru bisa mengakses fitur “Wheelchair Accessible” ini. Kedepannya, Google berharap bisa menerapkan fitur ini di seluruh dunia. Dengan harapan, dapat memudahkan aksesibilitas dari para pengguna kursi roda.