Gaet Embraer, Boeing Siap Rambah Pasar Pesawat Berbadan Kecil

Boeing 737 MAX 7. Sumber: newatlas.com

Dalam rangka melebarkan sayap bisnisnya, salah satu manufaktur raksasa di dunia aviasi, Boeing berencana untuk mengambil alih bisnis jet komersial dari perusahaan kedirgantaraan asal Brasil, Embraer. Langkah tersebut ditempuh dengan harapan mampu mendorong ‘si perusahaan raksasa’ untuk masuk ke dalam pasar pesawat penumpang berukuran kecil. Ini juga merupakan salah satu cara yang ditempuh Boeing untuk memperkuat jaringan perusahaannya, setelah beberapa waktu yang lalu, Airbus menjalin kerja sama denga Bombardier.

Baca Juga: Beberapa Hal Yang Terlupakan dari Nama Besar Boeing

Dilansir KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, Boeing akan memegang kendali atas 80 persen saham Embraer. Sebuah nilai yang setara dengan US$4,75 miliar atau yang berkisar Rp68,3 triliun. Berdasarkan Memorandum of Understanding (MoU) yang diumumkan oleh kedua perusahaan, nantinya basis perusahaan joint venture ini akan bermarkas di Brasil, namun akan dikendalikan oleh Boeing.

“Kami akan terus menjalin kerja sama dengan perusahaan lain dengan fokus untuk mengembangkan pasar dan mengembangkan produk dan layanan pertahanan seperti pesawat militer Embraer’s KC-390,” tutur salah satu juru bicara dari Boeing. Sebenarnya, kerja sama antara dua perusahaan ini sudah terjalin selama kurang lebih beberapa dekade ke belakang. “Sejak tahun 2017 lalu, kami sudah mulai membicarakan tentang produksi pesawat yang mampu menampung 70 hingga 450 penumpang, dan juga pesawat kargo,” tambah sang juru bicara tersebut.

Mengapa Embraer yang dipilih oleh Boeing dalam mengembangkan bisnisnya? Karena Embraer merupakan salah satu produsen pesawat regional terbesar, dimana produksiannya mencakup pesawat berbadan kecil yang mampu menampung 70 hingga 130 penumpang. Sedangkan pesawat komersial Boeing yang paling kecil adalah seri 737, dimana pesawat ini mampu menampung 126 penumpang.

Baca Juga: Boeing 737 MAX 7, Pecahkan Rekor Internal Penjualan Pesawat Tercepat Sepanjang Sejarah!

Setelah pemberitaan terakhir antara Boeing dan Airbus sukses menyedot perhatian publik dengan pesawat penumpang terbesarnya, Boeing 787 dan Airbus A380, kini dua perusahaan ini tengah kembali berusaha merebut perhatian pasar dengan cara merambah produksi pesawat berbadan kecil. Terlepas dari itu semua, durasi kerja sama antara Boeing dan Embraer akan terjalin selama 10 tahun ke depan.