Flex Seat Smart Cabin, Bukti Kolaborasi Cerdas Airbus dan Recaro

(apex.aero)

Smart Cabin Reconfiguration merupakan hasil penelitian dan kolaborasi antara Airbus, Recaro dan THK. Dan hasil kolaborasi dari tiga nama besar tersebut memunculkan adapa yang disebut sebagai Flex Seat dan dibuat untuk kebutuhan Smart Cabin Airbus A320 yang diluncurkan tahun 2017 lalu pada Aircraft Interior Expo di Hamburg.

Baca juga: JetBlue Upgrade Desain Kabin Airbus A320, Tapi Penumpang Justru Merana

KabarPenumpang.com melansir dari laman apex.aero, Flex Seat sendiri menawarkan fleksibilitas dalam tata letak tempat duduk, sehingga maskapai bisa memaksimalkan pemesanan dan memberi penumpang ruang kaki ekstra jika penerbangan tidak terisi penuh. Cara kerjanya pun cukup mudah, awak kabin hanya menyesuaikan tempat dengan mengangkat jok kursi, melepaskan mekanisme penguncian lantai dan mendorong kursi depan terpisah di sepanjang sistem rel.

Mekanisme sederhana ini hampir tidak memerlukan komponen tambahan dan dapat dioperasikan sepenuhnya tanpa alat dan yang penting dapat dilakukan awak kabin dengan sedikit usaha. Jochen Lohrmann, kepala Manajemen Inovasi di Recaro, mengatakan bahwa Flex Seat tidak akan mempengaruhi waktu perputaran di antara penerbangan.

“Salah satu tujuan utama kami adalah memberikan solusi sederhana agar tata letak kabin bisa diubah dalam hitungan menit. Tapi maskapai harus tahu bagaimana mengelola ini, di dalam sistem pemesanan mereka, misalnya,” katanya.

Flex Seat adalah bagian dari paket “bintang lima baru” yang ditawarkan Recaro dan ini jelas menunjukkan bagaimana gagasan sederhana dapat berkembang menjadi inovasi dalam wujud produk nyata. Oleh karena itu, awak kabin dapat secara fleksibel mengatur konfigurasi tempat duduk di antara penerbangan tergantung pada volume penumpang yang sebenarnya dan memastikan lebih banyak ruang untuk berselonjor kaki.

Tak hanya itu, Recaro juga menampilkan teknologi iSeat yang mampu menginformasikan awak kabin tentang posisi kursi melalui aplikasi. Sensor yang ada di sandaran tangan dan meja lipat juga bisa mendeteksi posisi duduk penumpang yang tepat untuk lepas landas dan mendarat, sebab bisa meningkatkan efisiensi awak kabin.

(apex.aero)

Aplikasi ini juga mencatat berapa kali bagian tubuh telah bergera yang memungkinkan perawatan prediktif. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dipajang di AIX yang merupakan rak tablet Recaro dengan pemegang cup terpadu.

Recaro Aircraft Seating mengembangkan ide kreatif dan solusi yang disesuaikan untuk kabin pesawat dan gagasan ini menawarkan wawasan yang jelas tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Layanan Pelanggan, Kursi Flex, Kesejahteraan, Solusi antibakteri dan iSeat adalah lima bintang baru dari Recaro yang memenuhi keinginan maskapai penerbangan untuk menyesuaikan sekaligus mencerminkan secara sempurna evolusi dinamis dari sektor penerbangan.

Baca juga: Gunakan Teknologi Mobile-Encoding, Netflix Siap Manjakan Penumpang Pesawat

Marisa Garcia, mantan direktur perusahaan di Hoover Industries, telah bekerja dengan tim teknik untuk sertifikasi pelapisan dan membuktikan kesulitan prosesnya, “Begitu Anda menambahkan lapisan kimia ke permukaan, ia harus melewati tes burn baru. Mendapatkan hak campuran pada lapisan apapun sangat halus. Bahan kimia memiliki volatilitas yang sangat tinggi, Anda harus melakukan pengujian berulang dengan mudah bisa memakan waktu setahun. “