Ethiopian Airlines, Maskapai Afrika Pertama Yang Daratkan Pesawatnya di Indonesia

Ethiopian Airlines akan mendarat perdana di Indonesia 21 Juli 2018

Berkunjung ke Eropa, Amerika, Australia bahkan ke Asia mungkin seringkali dilakukan baik para pelancong yang menikmati keindahan negara yang ada di benua tersebut atau para pelaku bisnis yang melakukan pekerjaan mereka. Tapi bagaimana dengan Afrika? Ya, Afrika terkenal dengan gurun dan savananya, bagi pelancong yang mencintai alam bebas dan menyukai tantangan benua ini cocok sekali untuk di singgahi.

Baca juga: Ethiopian Airlines Sabet Gelar Katering Terbaik di Afrika Versi PAX International

Tidak perlu khawatir, para pelancong Indonesia maupun Afrika yang akan berkunjung sebentar lagi akan dimudahkan dengan penerbangan langsung dari Addis Ababa ke Jakarta. Kenapa? Karena pada 21 Juli 2018 mendatang, maskapai asal Ethiopia yakni Ethiopian Airlines akan membuka rute penerbangan langsungnya dari Jakarta-Addis Ababa PP. KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, bahwa maskapai yang tergabung dalam Star Alliance Member ini akan membuka rute dengan frekuensi penerbangan tiga kali dalam seminggu yakni Selasa, Kamis dan Sabtu.

Untuk penerbangan dari Ethiopia menuju Jakarta, akan menggunakan nomor penerbangan ET 0628 pukul 00.00 waktu setempat dan sampai di Bangkok pukul 13.20 waktu setempat. Serta melanjutkan perjalanan menuju Jakarta pukul 14.20 dan sampai pada 18.05 WIB. Sedangkan keberangkatan dari Bandara Soetta dengan nomor penerbangan ET 0629 pada pukul 20.35 WIB kemudian menuju Bangkok, Thailand pukul 00.20 waktu setempat. Kemudian melanjutkan penerbangan pukul 01.45 dan menuju Addis Ababa hingga tiba pukul 06.15 waktu setempat. Penerbangan ini sendiri akan dilayani dengan armada Boeing 787-8.

“Kami sangat senang meluncurkan rute baru menuju Jakarta, penerbangan terhubung pertama antara Afrika dan Indonesia, serta maskapai Afrika pertama yang menghubungkan Afrika dengan Jakarta,” ujar Group CEO Ethiopian Airlines Tewolde GebreMariam.

Tewolde mengatakan, Indonesia merupakan sasaran tepat untuk pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. “Indonesia adalah salah satu negara terpadat di dunia dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Di tahun-tahun mendatang, perdagangan Afrika dan Indonesia, investasi dan hubungan pariwisata diatur untuk tumbuh secara eksponensial dan penerbangan langsung kami akan membuat kontribusi signifikan dalam peningkatan kerjasama Afrika-Indonesia,” ujarnya.

Terkait adanya penerbangan perdana ini, PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta berkomitmen untuk mendukung dalam rencana bisnis maskapai sebagai memajukan industri penerbangan dalam dan luar negeri. Penerbangan perdana ini nantinya juga akan disambut dengan water salute dan pengalungan bunga dari PT Angkasa Pura II kepada tamu dan kru Ethiopian Airlines.

Baca juga: Load Factor Rendah, Maskapai-Maskapai Ini Tak Lagi Mendarat di Jakarta

“Kami berharap dengan penerbangan perdana ini, Ethiopian Airlines dapat mendorong potensi perdagangan dan pariwisata dari Afrika di Indonesia dan sebaliknya. Selain itu sebagai upaya menguatkan jaringan ekonomi antara negara Indonesia dan Ethiopia,” kata Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Erwin Revianto.

Diketahui hingga kini baru Ethiopian Airlines, masakapai Afrika yang mendaratkan pesawatnya di Indonesia, tepatnya di Jakarta.