Dua Stasiun di India Siap Jadi ‘Kelinci Percobaan’ Sistem Keamanan Asal Israel

Stasiun Thane. Sumber: dnaindia.com

Operator kereta api asal Negari Anak Benua, Indian Railways rencananya akan meningkatkan sistem keamanan di dalam jaringannya. Bekerja sama dengan pihak Israel, penggunaan teknologi ini juga disinyalir mampu memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk mengambil langkah-langkah pengendalian massa menggunakan Artificial Intelligence (AI). Menindaklanjuti gagasan tersebut, Ketua Dewan Perkeretaapian India, Ashwani Lohani telah memberikan lampu hijau kepada sang operator untuk ‘mengeksekusi’ proyek percontohan ini.

Baca Juga: Demi Aman dan Nyaman, Bus di India Ini Gunakan Teknologi Pemindai Wajah

Sebagaimana yang dilansir KabarPenuampang.com dari laman dnaindia.com (28/6/2018), adapun stasiun yang akan dijadikan ‘kelinci percobaan’ untuk proyek ini adalah Stasiun Thane dan Kalyan. Saat ini, Central Railways tengah melihat replikasi teknologi yang digunaakn Israel di ruang publik. Secara keseluruhan, nantinya teknologi ini mirip seperti Closed Circuit Television (CCTV), namun lebih kompleks dan canggih.

Dalam hal peringatan keamanan, sistem juga akan meningkatkan kemampuan untuk mengindentifikasi sebagian dan atau semua orang dengan cara memasukan rincian data wajah ke dalam sistem. Sistem juga mampu menampilkan rincian lain dari para penumpang, contohnya adalah waktu kunjung mereka ke stasiun. “Durasi kunjungan mereka pun akan dicatat oleh sistem,” ujar salah seorang pejabat Central Railways.

Pejabat tersebut pun mengakui bahwa sistem keamanan terintegrasi yang saat ini berkembang di luaran sana masih belum memiliki sejumlah fitur futuristik tersebut. “Hal ini dikarenakan sistem keamanan terbaik di dunia yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan tengah dikembangkan di Israel, dan kami bekerja sama dengan salah satu perusahaannya,” tandas sang pejabat.

Menyinggung soal pengendali massa, nantinya teknologi berbasis kamera pengawas ini dapat menyorot titik-titik kepadatan yang ada di dalam maupun luar rangkaian kereta api. Setelah itu, para petugas kereta akan mendatangi titik kepadatan dan berupaya untuk mengurainya. Terdengar sederhana namun dapat berpengaruh besar terhadap kondisi di sekitar lokasi pemasangan.

Baca Juga: Tingkatkan Keselamatan, Otoritas Transportasi India Siap Sodorkan QR Code untuk Penumpang

Setelah mendapat lampu hijau dari Ketua Dewan Perkeretaapian India, kini Central Railways hanya tinggal menunggu sistem tersebut rampung dikembangkan. “Rencananya kami akan memasangnya sebelum akhir musim hujan ini,” kata SK Jain, Manajer Kereta Api Divisional (Mumbai) di Central Railway.