Di 2018, Garuda Indonesia Canangkan Buka 30 Rute Penerbangan Baru

Pahala N Mansury

Menyongsong tahun 2018 yang tak lama lagi akan dijelang, maskapai flag carrier Garuda Indonesia telah pasang kuda-kuda dengan beragam strategi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Dari sisi keuangan, Garuda Indonesia mencanangkan break even point dapat dicapai di semester kedua tahun 2018. Selain itu, Garuda Indonesia di bawah pimpinan Pahala N Mansury selaku Direktur Utama akan menyiapkan jurus-jurus untuk tetap eksis di sepanjang 2018, diantara dengan pembukaan 30 rute baru.

Baca juga: Pasar Terus Melonjak, Garuda Indonesia Lanjutkan Kemitraan dengan Tourism Australia

Dalam jumpa pers di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Senin sore (18/12/2017), Pahala menyebut akan membuka 30 rute penerbangan baru di sepanjang 2018, “Sepertiga adalah rute baru untuk penerbangan internasional, dan dua pertiga adalah rute baru untuk penerbangan domestik.” Meski sudah disebutkan jumlah rute baru, Ia menolak untuk memberi penjelasan tentang jalur rute baru yang akan dibuka. “Mohon maaf detailnya belum bisa kami sampaikan, karena sifatnya rahasia, nanti kurang baik bila diketahui oleh kompetitor,” ujar Pahala.

Namun Pahala mengatakan, bahwa untuk membuka 30 rute baru pihaknya tidak akan mendatangkan pesawat baru, justru yang ada Garuda Indonesia akan melakukan utilisasi pada armada pesawat yang ada, salah satunya adalah opsi re-route pada jalur-jalur yang saat ini dijalani. Untuk pasar internasional, Ia menyebut akan memberi porsi lebih kepada jalur baru di Cina. Seperti diketahui, setelah Australia, Cina menjadi pasar kedua terbesar Garuda Indonesia untuk penerbangan internasional.

Menutup kalender di tahun 2017, pada tanggal 20 Desember 2017 mendatang, Garuda Indonesia akan meresmikan layanan rute penerbangan Medan – Makassar. Dibukanya rute penerbangan tersebut diharapkan dapat mendukung potensi pengembangan pariwisata yang semakin terbuka lebar bagi kedua wilayah tersebut – khususnya melalui akses konektivitas penerbangan yang lebih singkat bagi masyarakat Indonesia di bagian barat – Medan ke wilayah Makassar maupun sebaliknya.

Baca juga: Garuda Indonesia Klaim ‘On Time Performance’ Embarkasi Haji 2017 Adalah Yang Terbaik

Selain itu, Garuda Indonesia juga meresmikan penerbangan  4 (empat) rute penerbangan intra Makassar yang terdiri dari:

– Rute Makassar-Kupang efektif 16 Desember 2017 dengan jadwal erbang 4 x seminggu pada Senin, Selasa, Kamis, Sabtu.
– Rute Makassar-Palopo, efektif 18 Desember 2017 dengan jadwal terbang 3 x seminggu pada hari Senin, Rabu, Jumat.
– Rute Luwuk-Palu, efektif 19 Desember 2017  dengan jadwal terbang 3 x seminggu setiap Selasa, Kamis, Sabtu.
– Rute Kendari – Wakatobi, pada akhir Desember 2017  dengan jadwal terbang 4 kali seminggu setiap Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu.

Rute-rute terbaru tersebut rencananya akan dilayani dengan menggunakan armada pesawat CRJ Bombardier 1000 Next Gen dan pesawat ATR72-600. Melalui penambahan rute tersebut diharapkan dapat semakin mendukung upaya percepatan pengembangan destinasi wisata di wilayah Timur, khususnya melalui akses layanan penerbangan dari dan menuju kota besar di wilayah regional intra Makassar