Depo Cipinang Akan Gantikan Depo Kereta Jatinegara yang Bakal Digusur

Depo Cipinang yang akan mulai beroperasi Oktober 2018 mendatang (liputan6.com)

Setiap daerah operasi perkeretaapian Indonesia memiliki depo untuk perawatan baik lokomotif maupun gerbong kereta. Depo ini juga tidak hanya merawat lokomotif yang ada di sana melainkan juga lokomotif dari depo lainnya. Hampir setiap daerah operasi setidaknya adaa satu depo lokomotif induk yang memiliki lokomoti besar.

Baca juga: Singapura Punya Depo MRT Bawah Tanah Pertama di Dunia, Jakarta Punya Depo MRT Pertama di Indonesia

Tak hanya lokomotif baru tetapi lokomotif tua dan langka seperti depo lokomotif Cirebon yang memiliki lokomotif CC200. Di dalam depo sendiri bukan hanya ada lokomotif, melainkan berisikan juga fasilitas penunjang untuk pengecekan kereta dan turn table yang berfungsi memutar lokomotif. Biasanya di depo juga memiliki kereta deker yang digunakan saat terjadinya kecelakaan.

Di Jakarta sendiri sudah ada depo Jatinegara dan Tanah Abang serta sebentar lagi, akan menambah satu depo besar lagi yang kini dalam tahap pembangunan. Depo tersebut berada di Cipinang, Jakarta Timur dan dalam tahap penyelesaian yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal perkeretaapian, Kementerian Perhubungan. Nantinya depo tersebut akan menjadi yang terbesar di Indonesia.

KabarPenumpang.com mendapatkan kabar bahwa, depo ini dibangun di atas lahan seluas sembilan hektar. Luas bangunannya sendiri sekitar 1,6 hektar yang dilengkapi dengan 14 jalur kereta api. Secara keseluruhan, depo Cipinang ini sendiri mampu menampung 132 lokomotif dan 440 gerbong setiap bulannya.

Kini pembangunan depo yang menghabiskan Rp900 miliar tersebut diperkirakan akan segera dibuka pada Oktober 2018 mendatang. Sebelum depo Cipinang ini, depo Jatinegara merupakan depo terbesar dan menjadi salah satu yang tersibuk. Depo ini berada di Pisangan Baru Raya, Jatinegara, Jakarta Timur.

Depo Jatinegara sendiri memiliki lokomotif CC201 dan CC203 yang melayani kedinasan baik kereta api barang maupun penumpang. Berada di Daerah Operasional I, depo Jatinegara melayani sepuluh kereta api baik lokal maupun jarak jauh.

Baca juga: Akhirnya! Kereta Wisata Priority Keluar Juga Dari Depo KAI

Tak hanya itu, hampir semua kereta yang melalui stasiun Jatinegara ke arah timur Jawa juga di layani di depo ini. Baik eksekutif maupun ekonomi AC. Sayangnya depo ini akan segera digusur jika depo Cipinang sudah selesai dan mulai difungsikan.

Nantinya bekas depo tersebut digunakan untuk pengembangan stasiun Jatinegara. Tak hanya depo saja yang pindah, mess masinis juga akan dipindah dan pengelolaannya dibawah PT Kereta Api Indonesia (KAI).