Demi Merokok, Wanita ini Sebabkan Keterlambatan 2 Jam Penerbangan di Bandara Auckland

Sumber: Newsroom

Ada-ada saja memang ulah penumpang yang akhirnya menimbulkan imbas buruk tidak hanya kepada penumpang penerbangan lain, melainkan juga kepada pihak maskapai. Setelah pada 29 Juli 2017 silam, seorang penumpang maskapai Spirit Airlines membuat penerbangan menuju Oakland, California ini sempat tertunda selama kurang lebih 30 menit. Penumpang yang diduga mengalami gangguan pada kejiwaannya ini dilaporkan menanggalkan pakaiannya sesaat sebelum memasuki kabin.

Baca Juga: Tanggalkan Pakaian Sebelum Mengudara, Pria Ini Tunda Keberangkatan Pesawat

Kali ini, seorang perokok menyebabkan sebuah penerbangan dari Bandara Auckland, Selandia Baru mengalami keterlambatan selama kurang lebih dua jam. KabarPenumpang.com melansir dari berbagai laman sumber, kejadian yang terjadi pada Minggu, 11 Februari 2018 ini berawal ketika seorang wanita datang ke Bandara Auckland dan melewati proses skrining secara normal. Sesampainya di gerbang pesawat, wanita yang identitasnya dirahasiakan tersebut tidak lantas masuk ke dalam kabin.

Alih-alih menunggu pesawat boarding dari dalam kabin, ia memutuskan untuk merokok terlebih dahulu sebelum pesawat berangkat. Dengan asumsi tidak perlu melewati lagi proses pemeriksaan keamanan, ia lalu berjalan kembali menuju pesawatnya tidak lama setelah ia menghabiskan rokoknya. Namun sial, asumsi wanita ini salah karena pihak Aviation Secutiry (Avsec) tetap memberlakukan pemeriksaan terhadap setiap orang, bahkan yang sudah melakukan check in sebelumnya.

Tidak diketahui pasti berapa lama wanita ini merokok dan berapa banyak rokok yang ia habiskan sesaat sebelum mengudara, namun proses skrining ulang tersebut menghabiskan waktu kurang lebih dua jam. “Proses skrining ulang semua penumpang selesai pada pukul 09.20 (waktu setempat), kurang lebih dua jam setelah wanita ini menghabiskan rokoknya,” ujar salah satu petugas Avsec, dikutip dari laman stuff.co.nz (11/2/2018).

Kejadian ini sontak menambah frustasi para penumpang yang sebelumnya mengalami keterlambatan karena kabut tebal yang membumbung di atas langit Wellington, mengakibatkan banyak maskapai yang terganggu perjalanannya. “Pelanggaran tersebut segera dilaporkan kepada pihak Avsec dan semua agen bandara bekerja sama untuk menemukan penumpang wanita ini,” ungkap juru bicara tersebut.

Baca Juga: Salah Paham, Penumpang IndiGo Airways Adu Jotos dengan Petugas di Apron

Upaya yang dilakukan oleh petugas Avsec tidak percuma. Akhirnya wanita ini ditemukan dan dicekal untuk masuk ke dalam pesawat di Gate 23. “Meskipun pencekalan ini dapat diterima oleh wanita ini, bahwa pada kesempatan ini kami selaku pihak kemanan bandara tidak ada maksud jahat, pelanggaran keamanan yang mengakibatkan gangguan pada sejumlah penumpang dan penundaan penerbangan tetap harus diusut hingga tuntas,” tutur juru bicara Avsec.