Dari Jakarta Mau Ke Danau Kelimutu? Simak Jalurnya Yuk!

Danau Kelimutu

Masih ingat dengan danau tiga warna yang pernah menghiasi uang pecahan Rp5 ribu pada sekitar sepuluh tahun lalu? Ya, danau tiga warna yang dikenal dengan nama Danau Kelimutu ini berada di Pulau Flores tepatnya di Kota Ende.

Baca juga: Indonesia Ferry Property Langsungkan Penyelesaian Konstruksi Area Komersial Tahap I Kawasan Terpadu Marina Labuan Bajo

Danau ini sendiri menjadi salah satu objek pilihan di Nusa Tenggara Timur selai Pulau Komodo dan Labuan Bajo. Bagaimana sih untuk sampai ke Danau Kelimutu? KabarPenumpang.com mencoba untuk memberikan beberapa cara untuk sampai ke danau ini.

1. Jakarta ke Ende malalui Labuan Bajo
Keberangkatan para pelancong menuju Danau Kelimutu jika dari Jakarta bisa menggunakan pesawat tujuan Labuan Bajo dan transit di Denpasar. Dari Labuan Bajo pelancong bisa menyewa mobil atau menggunakan kendaraan menuju Ende.

2. Jakarta langsung Ende
Kini, penerbangan dari Jakarta menuju Ende di Bandara H. Hasan Aroeboesman tempat Danau Kelimutu bisa dinikmati secara langsung. Meski harus transit dulu ke Kupang ataupun Labuan Bajo.

Dari dua jalur udara ini, pelancong jika sudah tiba di Ende masih akan meneruskan ke desa Moni. Dengan menggunakan travel atau bus kayu yang disebut oto kol, perjalanan dari Ende menuju Moni sekitar satu hingga dua jam. Pemilihan desa Moni sendiri dikarenakan yang paling dekat dengan Danau Kelimutu hanya berjarak 15 km.

Bila dari Ende, jarak tempuh 42 km dengan jalan kecil berliku yang dapat ditempuh selama kurang lebih satu jam setengah dengan kendaraan pribadi. Sehingga banyak pelancong yang lebih memilih untuk menuju Moni karena jaraknya yang lebih dekat.

Tetapi disarankan untuk menyewa mobil, karena angkutan umum di jalur TransFlores cukup terbatas, apalagi jika pergi dengan beberapa orang, menyewa mobil bisa menekan biaya.

Baca juga: Pulau Rote, Strategis Bagi Perbatasan, Inilah Keindahan di Ujung Selatan Indonesia

Setelah para pelancong sampai di Moni jika menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju tempat parkir. Bila menggunakan kendaraan umum, biasanya bisa menyewa ojek dari penginapan hingga ke parkiran atau pintu masuk Taman Nasional Kelimutu tersebut. Kemudian dari pintu masuk, pelancong harus berjalan atau trekking selama sekitar satu jam untuk sampai di Taman Nasional Kelimutu.

Sebagai pelancong yang menyukai matahari terbit, lebih baik tiba di Danau Kelimutu sekitar pukul 03.30 pagi. Sedangkan waktu terbaik untuk mengunjungi danau tiga warna ini sendiri pada bulan Juli atau Agustus.