Damri Buka Rute Botani Square-Plaza Senayan Sehari 3 Kali PP

(tempo.co)

Layanan transportasi antara Jakarta – Bogor kini bertambah lagi, yakni Perum Damri dengan menggunakan bus Premiumnya melayani trayek baru keberangkatan Bogor tujuan Jakarta. Keberangkatan akan di mulai dari Pool Damri di Botani Square ke Plaza Senayan, Jakarta Selatan mulai di uji coba 31 Oktober 2017 sampai 10 November 2017 mendatang.

Baca juga: Moda Transportasi di Bandara Ngurah Rai dan Hasanuddin, Antara Fakta dan Harapan

Jadwal keberangkatan bus dari Bogor mulai pukul 05.00, 05.30 da 06.00 WIB dan akan kembali ke Bogor berangkat dari Jakarta pukul 16.00, 16.30 dan 17.00 WIB. Direktur Sumber Daya Manusia dan Administrasi Umum Damri, Sardiyo Sardi mengatakan, pada saat uji coba pertama keberangkatan pukul 05.00 hanya mengangkut dua orang, pukul 05.30 mengangkut tiga orang dan pukul 06.00 juga mengangkut tiga orang.

“Selanjutnya akan terus beroperasi, namun dalam perjalananya akan dilakukan evaluasi. Jika dalam perjalanan jumlah penumpangnya banyak jadwalnya pun akan ditambah,” ujar Sardiyo yang dikutip KabarPenumpang.com dari tempo.co (31/10/2017).

Diketahui, uji coba pada hari pertama pihak Damri mendapat pengawalan kepolisian dengan menggunakan vooridjer dan selanjutnya akan beroperasi tanpa pengawalan. Sardiyo mengatakan, bus ini akan masuk jalur tol dan sampai di Jakarta bus akan masuk ke jalur TransJakarta.

Baca juga: Bangun Apartemen di Kawasan Stasiun Bogor, Proyek TOD Masih Terganjal Izin

Kedepannya, pihak Damri berharap, pelaksanaan perjalanan ini bisa dibantu oleh Pemerintah kota Bogor. Hal ini agar masyarakat bogor yang biasanya menggunakan kendaraan pribadi menuju Jakarta menjadi beralih menggunakan transportasi massal.

“Kami berterima kasih kepada Pemkot Bogor yang akan membantu untuk mempromosikan,” ucap Sardiyo.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, trayek bus Premium ini disediakan bagi masyarakat Bogor yang biasa berangkat ke Jakarta menggunakan kendaraan pribadi dan sebaliknya. “Dalam sepuluh hari kedepan bus ini akan uji coba dengan tarif Rp 35 ribu,” kata Arya.

Menurut Arya, tren masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi bus premium ini diprediksi akan meningkat, sama halnya seperti saat uji coba bus premium di Bekasi. “Tren seperti yang di Bekasi semakin diminati, dan pastinya armadanya akan ditambah lagi ke depan,” kata Arya.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bogor, Jimmy Hutapea, mengatakan, uji coba bus premium Bogor-Jakarta dari tanggal 31 Oktober hingga 10 November, dengan jadwal pemberangkatan tiga kali dalam satu hari dari Bogor dan sebaliknya.

“Untuk tahap uji coba BPJT menyiapkan tiga unit bus, dengan jadwal berangkat tiga kali dari Bogor tujuan Jalarta dan kedatangan Jakarta-Bogor pun tiga kali dalam satu hari,” kata Jimmy.