Bukan Cuma Mobil Yang Bisa Self-Parking, Ternyata Sandal Juga Bisa!

Sumber: dailymail.co.uk

Teknologi otonom yang terpasang di kendaraan seperti mobil dan bus tentu sudah tidak asing lagi di sektor otomotif. Belakangan ini diketahui memang banyak manufaktur otomotif yang berkecimpung mendalami teknologi otonom ini, tidak terkecuali produsen kendaraan asal Jepang, Nissan. Namun kali ini Nissan hadir bukan dengan mobil otonom terbarunya atau teknologi lain yang berhubungan dengan kendaraan, melainkan sandal otonom. Lho, kok bisa?

Baca Juga: Toyota Kembangkan Robot Untuk Tunjang Operasional Rumah Sakit

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (29/1/2018), teknologi otonom Nissan yang bernama ProPilot ini akan turut diaplikasikan di kehidupan masyarakat sehari-harinya, contohnya sandal. Bagi sebagian orang Jepang yang menerapkan penggunaan sandal di dalam rumah, kadang mereka terlalu tergesa sehingga tidak sempat untuk menata letak sandalnya. Alhasil, tempat mereka penyimpanan sandal mereka menjadi berantakan.

Berangkat dari masalah senderhana seperti di atas, teknisi ProPilot lalu mulai mengaplikasikan teknologi masa depan tersebut di perlengkapan rumah, seperti sandal, meja, bantal duduk khas Jepang, hingga remot televisi sekali pun. Cara kerja teknologi ini sebenarnya sederhana namun rumit untuk diaplikasikan. Benda yang hendak dipasang teknologi ProPilot akan disesuaikan koordinatnya dengan ‘tempat parkir’ benda tersebut. Maka ketika tombol pengoperasian ditekan, semua benda yang saling tekoneksi tersebut akan kembali ke posisi semula dengan keadaan rapi.

Sebelum mengkomersialkan produk ini, Nissan mengadaptasi teknologi ProPilot di sebuah penginapan khas Jepang yang dikenal dengan nama ryokan. Di ProPilot Park Ryokan yang terletak di Yokohama, Jepang, hampir semua peralatan yang berada di dalamnya dilengkapi dengan teknologi otonom ini. Jadi jangan heran jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke ProPilot Park Ryokan, pihak penginapan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membenahi semua perlengkapan yang berserakan. Cukup menekan tombol yang ada di tembok dan semua barang kembali tertata dengan rapi.

Baca Juga: Keluar dari Zona Nyaman, Apple Coba Peruntungan Rancang Bus Otonom

Pihak Nissan mengaku teknologi ProPilot yang mereka kembangkan siap terpasang di hampir semua armadanya pada tahun 2020 mendatang. Itu berarti, teknologi self-parking yang terpasang di salah satu mahakaryanya, Nissan LEAF juga kemungkinan akan tersematkan di seluruh armada Nissan. Keren!