Bosan Dengan Tampilan Google Street View? Coba Google Dog’s View!

Tampilan Google Dog's View. Sumber: her.ie

Sebagai pelancong yang belum pernah mengunjungi suatu daerah, tentu Anda akan membutuhkan warga lokal yang siap untuk menjadi  tour guide Anda selama mengeksplorasi tempat tersebut. Namun, bagaimana jika peran warga lokal tersebut digantikan oleh anjing? Ya, walaupun anjing terkenal sebagai salah satu hewan peliharaan paling setia di dunia, namun apakah bisa binatang ini mengemban tugas sebagai tour guide?

Baca Juga: Ini Lho! Tampilan Baru Google Maps

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman wtsp.com (10/3/2018), salah satu mesin pencarian paling populer di dunia saat ini, Google, telah menjawab pertanyaan di atas. Melalui Google Jepang, perusahaan ini telah memungkinkan para calon pelancong untuk mengikuti ‘tur virtual’ yang dipimpin oleh seekor anjing. Untuk saat ini, sebut saja beragam tempat favorit di Kota Odate, prefektur Akita, Jepang dapat dinikmati oleh para calon pelancong dari sudut pandang si anjing.

Mungkin Anda akan sedikit kebingungan di sini, namun inilah yang terjadi. Melalui fitur teranyar dari Google Jepang ini, Anda mampu melihat pemandangan 360 derajat melalui kamera khusus yang terpasang di punggung si anjing. Jadi para peneliti dari Google Jepang membiarkan kamera tersebut merekam setiap tempat yang dikunjungi oleh si anjing. Sederhananya, fitur ini memiliki cara kerja yang sama persis dengan Google Street View, namun gambar yang ditampilkan diambil dari kamera yang terpasang di punggung anjing. Unik bukan?

Tapi, sehubungan dengan fitur ini dikembangkan di prefektur Akita, maka tidak heran jika anjing ras Akita-lah yang menjadi ‘aktor utama’ dari penelitian fitur Google Dog’s View terbaru ini. Lalu, jika kamera terpasang di punggung anjing, bukannya gambar yang dihasilkan akan terhalang oleh kepala si anjing? Tentu di sini letak keunikkannya! Anda akan merasa seolah-olah duduk di punggung anjing ras Akita dan diajak berjalan-jalan keliling kota yang diketahui sebagai sentral dari ras anjing ini.

Baca Juga: Mirip Hachiko, Seekor Anjing di India Menunggu di Peron Setiap Jam 11 Malam

Sebut saja beberapa titik terkenal dari kota ini seperti Akita Dog Museum, hingga replika tugu Hachiko yang ada di Shibuya menjadi beberapa titik henti perjalanan virtual Anda bersama si anjing. Ternyata, selain terkenal sebagai salah satu sahabat manusia paling setia, anjing juga dapat turut serta dalam pengembangan teknologi ya!