Bisa Dilipat, Papan Seluncur Elektrik ini Memungkinkan Masuk ke Dalam Kabin Lho!

Sumber: newatlas.com

Ketika elektrikalisasi sudah mulai merambah banyak moda transportasi, kini giliran papan seluncur yang terkena imbas dari dampak modernisasi tersebut. Dane Kouttron atau yang sering dipanggil Transistor Man memutuskan untuk merakit sebuah alat transportasi yang bisa dimuat di kompartemen bagasi pesawat penumpang. Adalah Mountain-Slider, merupakan papan seluncur yang mampu diciutkan seukuran tas ransel dan bisa dimasukkan ke dalam kabin.

Baca Juga: Kiwano 01, Moda Beroda Tunggal yang Dilengkapi Teknologi Self-Balancing

Seperti yang KabarPenumpang.com himpun dari laman newatlas.com (12/9/2017), ada yang membedakan antara Mountain-Slider dengan papan seluncur kebanyakan. Ketika papan seluncur normalnya menggunakan dua pasang roda di bagian depan dan belakang, berbeda dengan Mountain-Slider yang menggunakan satu roda yang dipasang bagian belakang dan sepasang roda untuk bagian depan.

Dane memilih untuk menggunakan satu roda di bagian belakang karena roda tunggal tersebut terhubung langsung dengan mesin penggerak bertenaga 300 W, sementara sepasang roda di bagian depan lebih berfungsi sebagai penyeimbang. Masing-masing bagian roda memiliki pelindungnya, ini bertujuan untuk mencegah kaki si pengendara bersentuhan langsung dengan roda. Untuk slidernya sendiri, Dane menggunakan kunci tuas untuk mengamankan rel agar tidak berubah posisi ketika digunakan. Secara keseluruhan, papan seluncur elektrik ni menggunakan bahan dasar alumunium ayng terkenal kuat dan ringan.

Sumber: newatlas.com

Perangkat elektronika lainnya yang turut dipasang di bagian belakang papan seluncur ini adalah baterai LiRePO4 off-the-shelf 40 V serta pengendali motor. “Baterai 2Ah mampu menampung 74 watt dalam sekali charge,” ungkap Dane. “Papan ini bisa dilipat sehingga mudah untuk membawanya ke dalam kabin,” imbuhnya.

Adapun ide awal perakitan papan seluncur elektrik ini adalah agar Mountain-Slider bisa turut serta dalam penerbangan Internasional, seperti yang ia lakukan selama ini. Sisi positif lainnya adalah Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk mengisi penuh daya papan seluncur elektrik ini. Jika ingin menggunakan e-Board ini di malam hari, Dane pun melengkapi sebuah lampu LED yang di pasang di bagian belakang, sehingga pengguna jalan lain bisa menyadari keberadaan si papan lipat ini.

Baca Juga: Supaya Tak Kehujanan Saat Bersepeda, Payung Under Cover Solusinya

Mountain-Slider telah diuji di beberapa tempat, dari mulai jalan hingga di skate park. Rata-rata, papan seluncur elektrik ini bisa melaju hingga kecepatan 12 mph atau setara dengan 19,3 km/jam. Apakah Anda tertarik untuk memilikinya?