Bingung Menentukan Tips Untuk Pengemudi Taksi? Simak Artikel Ini!

Rick Steves

Saat Anda berada di dalam taksi, selain memantau tarif yang tertera di argometer, apalagi yang ada dalam benak pikiran Anda? Tiap orang tentu punya kepentingan berbeda-beda, namun kebanyakan penumpang masih ada yang bingung untuk besaran nilai tips yang akan diberikan ke pengmudi saat taksi tiba di tujuan.

Urusan besaran nilai tips memang subyektif, tidak ada standar dan patokan untuk itu. Namun ketimbang bingung, Anda bisa merujuk beberapa poin yang kami sarikan dari wikihow.com berikut ini

Tip kepada pengemudi
Saat berhenti di tempat tujuan, biasanya pengemudi akan memberitahukan kepada Anda berapa tarif yang harus dibayarkan dan tertera di argometer. Hitung persentase nominal belakangnya dan bulatkan ke pembulatan terdekat, semisal jika nilai di display argometer Rp46.000, maka Anda bisa membayar Rp50.000.

Kebanyakan, taksi-taksi menampilkan tarif yang memungkinkan Anda bisa memprediksi harga samapai ke tujuan yang Anda inginkan sehingga sebelum Anda meninggalkan taksi bisa menghitung berapa tip yang akan diberikan kepada pengemudi. Cara hitung hasil persentase akhir dari tarif taksi Anda, biasanya 10-15 persen adalah hal yang wajar untuk diberikan. Namun, bila Anda bepikir melalui persentasi lebih sulit, baiknya berikan sesuai dengan hitungan yang Anda buat.
aid203804-728px-Tip-a-Cab-Driver-Step-4-Version-3Apalagi pengemudi sudah membantu Anda dalam memberitahukan jalan ke tempat tujuan dan sering berbicara dengan ramah pada Anda. Dengan sikap pengemudi yang baik, Anda bisa mempertimbangkan dengan memberikan tip 20 persen atau lebih.

Mengukur kualitas kecepatan
Jangan lupa untuk meninjau kemampuan pengemudi akan peengetahuan perjalanan Anda. anda bisa memberikan tip 5-10 persen atau tidak memberikan sama sekali, karena kelakuan pengemudi yang buruk dan membuat Anda tidak nyaman. Memberikan tip 15 persen kepada pengemudi saat membawa Anda ke tujuan dengan waktu tempuh yang seharusnya dan membuat Anda merasa nyaman di dalam taksi.

Anda juga bisa memberikan tip 20 persen atau lebih besar bila pengemudi taksi memberikan beberapa ide yang menarik ke tempat yang akan Anda tuju, apalagi bila si pengemudi tahu jalan tercepat sehingga waktu Anda tiba ditujuan lebih cepat dari perkiraan.

Cara lain untuk memberikan tip
Kalau Anda naik taksi tidak sendiri melainkan dengan beberapa teman, terkadang sulit untuk menentukan pembagian untuk memberikan tip ke pengemudi. bila Anda bingung gunakanlah kalkulator untuk menghitung tip tersebut dibagi dengan beberapa orang teman yang lain. Atau unduhlah aplikasi untuk menghitung jumlah trip. Dengan cara ini kalau Anda masih kurang yakin cobalah menghitung pada pembayaran paket, atau yang lainnya.
aid203804-728px-Tip-a-Cab-Driver-Step-2-Version-3Pembayaran tip untuk pengemudi Uber dan Lyft akan berbeda dengan taksi biasanya, karena perkembangan teknologi yang cepat. Kalau menggunakan layanan dari kedua transportasi ini, baiknya naik bersama dengan teman. Pembayaran dari kedua aplikasi taksi ini dilakukan tanpa ada tips dari layanan, sehingga Anda bisa memberikan tip langsung pada pengemudi atau tidak sama sekali.

Jangan pernah memberikan tip kepada pengemudi berupa voucher apapun. Ingatlah, bahwa pengemudi juga harus membayar sewa mobil, tempat tinggal atau hal lainnya. Baiknya berikan uang tunai sebagai tip untuk mereka. Yang jelas, Anda harus membayarkan tarif sesegera mungkin dan berikan tip langsung pada si pengemudi.