Bingkai Jendela di Kabin Pesawat Lepas, Mengerikan Tapi Jangan Keburu Panik

Apa yang Anda pikirkan jika jendela pesawat bingkainya terlepas? Panik, khawatir dan takut wajar dirasakan sebagai seorang penumpang, pikiran bahwa Anda akan tersedot ke luar akibat perbedaan tekanan udara mungkin akan berkecamuk di otak. Tidak ada yang salah dengan pikiran tersebut.

Baca juga: Berkat Lubang Kecil Ini, Jendela Pesawat Dipastikan Bebas Kabut

KabarPenumpang.com melansir dari laman thesun.co.uk (26/11/2017), bahwa sebuah video telah di unggah ke Youtube dengan judul Should I be concerned? Video ini diunggah di Chile pada 20 November kemarin. Dalam video terlihat jendela terlepas dari bingkainya dan pengunggah video tersebut mengatakan ini adalah maskapai bertarif rendah alias low cost carrier dengan tarif jalan sekitar US$30.

“Saya merasa lucu dan merekam video dengan ponsel saya,” ujar pengunggah video tersebut. Penonton yang melihat video ini pastinya merasakan kengerian dan banyak yang berkomentar tentang kejadian tersebut.

“Jika jendela itu sedikit terbuka, kabin akan kehilangan tekanan, semua orang akan mati,” tulis salah seorang pemirsa.

Adanya masalah ini membuat Patrick Smith seorang pilot pesawat terbang dan pembawa acara www.askthepilot.com mengatakan, bahwa bagaimanapun tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena itu bukanlah bingkai jendela yang langsung berhubungan dengan sisi luar pesawat.

“Ini hanya bagian dari superfisial yang membantu melindungi jendela sebenarnya. Saya akui bahwa itu terlihat memalukan dan tidak profesional, tapi tidak ada risiko keselamatan,” ujar Smith. Dai Whittinghm, Kepala Eksekutif Komite Keselamatan Penerbangan Inggris mengatakan sependapat dengan Smith. Dia mengatakan, ini jelas bukan masalah keamanan, ini hanya sepotong trim kabin yang longgar.

Baca juga: Saat Take Off and Landing, Penutup Jendela Pesawat Wajib Dibuka, Inilah Sebabnya!

“Jendela internal ada untuk melindungi kaca utama dari goresan dan menghalau kebisingan sekaligus menyediakan elemen insulasi termal. Jendela eksternal dipasang pada lambung kapal dan disegel dengan packing sehingga bagian dalam pesawat bisa bertekanan. Jadi trim longgar ini sama sekali tidak akan berpengaruh sama sekali, meski diakui cukup mengganggu kenyamanan,” ujar Whittingham.

Salah satu bagian dari desain jendela pesawat terbang yang selalu membingungkan penumpang adalah mengapa ada lubang kecil di dalamnya. Lubang ini ternyata, membantu mengatur berapa banyak tekanan dari kabin yang diberikan ke panel jendela dan memastikan bahwa jika jendela pecah, panel luar yang terjauh dari penumpang masuk lebih dulu.