Bertahun Tak Beroperasi, Stasiun Vadamadurai ‘Kedatangan Tamu Spesial’

Sumber: thehindu.com

Pemandangan berbeda tampak pada Jumat (1/6/2018) kemarin, dimana sebuah kereta penumpang Tirunelveli-Mayiladuthurai di India mendapatkan sambutan yang meriah dari sejumlah orang. Pasalnya, kereta yang didominasi oleh warna putih tersebut telah menorehkan sejarah baru, yaitu melakukan perhentian pertama di Stasiun Vadamadurai. Dengan begitu, stasiun ini secara resmi telah memasuki masa operasinya.

Baca Juga: Stasiun Kereta ‘Rasa Bandara Internasional’ Siap Hadir di India

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman thehindu.com (2/6/2018), Divisi Madurai Southern Railway mengatakan bahwa penghentian kereta di Stasiun Vadamadurai merupakan sebuah tanggapan atas permintaan yang selama ini dilontarkan oleh publik. Mulai dari pedagang, anggota Komite Perlindungan Penumpang Kereta Api Vadamadurai hingga berbagai asosiasi rela menunggu sekian lama hanya demi menyambut si kereta pertama.

Kereta tersebut tiba dari Dindigul, dan seremoni kecil pun dilakukan supaya momen penghentian perdana tersebut berjalan lebih afdol. Mulai dari memberikan penghormatan pada masinis dan aisisten masinis dengan menggunakan syal, hingga memberikan manisan kepada para petugas menjadi seremoni kecil yang memeriahkan acara tersebut.

“Kereta Tirunelveli-Mayilathurai adalah kereta ketiga yang melayani Vadamadurai. Sekarang, kereta penumpang Dindigul-Tiruchi dan Villupuram-Madurai berhenti di stasiun pada pagi dan malam hari,” ungkap mantan anggota Dewan Penasihat Dewan Perkeretaapian Railed MLA dan Madurai Divisional S. Palanisamy.

“Kereta ini akan menguntungkan semua orang di sekitaran Vadamadurai, terutama bagi para peziarah yang hendak pergi ke Thajvaur dan Kumbakonam,” terang S. Palanisamy. “Harganya yang murah berkisar antara Rs11 hingga Rs30, tentu hal tersebut akan sangat membantu orang yang kurang mampu,” tambahnya.

Baca Juga: Perkeretaapian India Bocorkan Cara Ampuh Tindak Lanjuti Aksi Kriminal

Dikutip dari sumber lain, Divisional Railway Manager Neenu Ittyerah mengatakan pengaplikasian tarif tersebut diperkirakan memakan waktu hingga dua bulan, namun ia berani menjamin bahwa masalah penentuan tarif ini dapat rampung hanya dalam 20 hari saja.

Ternyata, Kereta Tirunelveli-Mayilathurai bukanlah yang pertama melakukan perhentian di Vadamadurai. Sebelumnya, ada Jayanthi Janata dan Sengottai Express yang telah terlebih dahulu mencicipi rasanya berhenti di Vadamadurai. Dua layanan tersebut terakhir kali melakukan pemberhentian di Stasiun Vadamadurai pada tahun 1977. Lama tak dijamah membuat Stasiun Vadamadurai kehilangan pesonanya, dan tidak ada layanan yang berhenti di stasiun ini untuk beberapa waktu.