Bertabur Bebatuan di Sisi Rel Kereta Api, Inilah Penjelasannya!

Sumber: northeasttoday.in

Melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api memang menyuguhkan kelebihannya tersendiri. Selain dapat menghemat waktu perjalanan karena tidak perlu berpapasan dengan macet, harga layanan yang ditawarkan oleh si ular besi ini pun bisa dibilang cukup bersahabat.

Baca Juga: Ingin Menikmati Sensasi Kereta Cepat, Bentang Lebar Rel Harus Diganti

Nah, jika diperhatikan, Anda dapat dengan mudah menemukan hamparan bebatuan yang tersebar di sepanjang jalur rel. Pernahkah terlintas di benak Anda tentang fungsi dari bebatuan yang tersebar di pinggiran rel ini?

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, ada empat fungsi utama di balik kehadiran bebatuan kerikil ini di sepanjang rel kereta api, yaitu:

Pemberat Bantalan
Bantalan rel yang biasanya terbuat dari baja, beton, hingga kayu ini memiliki fungsi sebagai penahan daya tekan ketika kereta melintas di atasnya. Pemasangan bantalan ini ditujukan agar rel yang berada di atasnya tidak tenggelam ketika terlalu sering dilintasi oleh kereta api. Nah, sama seperti batu kerikil yang terdapat di sepanjang rel, yang berfungsi sebagai pemberat agar rel tetap stabil dan kereta tetap dapat melaju dengan baik.

Penahan Getaran
Getaran dan guncangan yang dihasilkan oleh pergerakan kereta saat melintas di atas rel sangatlah kuat. Getaran ini dihasilkan oleh material dasar dan bobot kereta api yang disangga menggunakan rel baja, sudah barang tentu gaya yang ditimbulkan dari gesekan ini sangatlah besar. Maka dari itu, hadirnya bebatuan kerikil di sepanjang rel berfungsi untuk meredam gaya yang dihasilkan oleh gesekan antara kereta dan rel. Selain itu, bebatuan ini juga dapat memperpanjang umur rel lho!

Mencegah Anjlok
Kondisi iklim di Indonesia yang terbilang cukup ekstrim menjadi salah satu faktor pendukung penyebaran bebatuan kerikil di sepanjang rel. Tanpa adanya bebatuan kerikil ini, dapat Anda bayangkan sendiri jika curah hujan yang tinggi lama kelamaan akan mengikis pondasi rel yang hanya terbuat dari tanah. Bukan tidak mungkin rel akan anjlok kecelakaan tak terelakkan lagi.

Baca Juga: Kenapa Kereta Tidak Bisa Menembus Rel Yang Tergenang Banjir? Ini Dia Jawabannya!

Mencegah Tumbuhnya Tanaman Liar
Tingginya curah hujan dan teriknya matahari kala musim kemarau seolah menjadi faktor pendukung tumbuhnya tanaman liar di sepanjang rel kereta api. Hadirnya batuan kerikil ini dipercaya mampu menahan laju pertumbuhan tanaman liar yang tersebar secara tidak sengaja ini.