Berdasarkan Indeks Keamanan, Inilah 10 Negara Teraman Untuk Dikunjungi

Slovenia (www.cntraveler.com)

Status keamanan tak pelak menjadi pertimbangan utama sebelum menentukan destinasi wisata. Selalu update berita tentang destinasi yang akan dituju bisa menjadi solusi tepat, dengan begitu kalau pun rencana wisata dijalankan, Anda bisa lebih bersiap menghadapi isu-isu yang ada. Nah, lepas dari update berita, mengetahui status keamanan suatu kota atau negara bisa juga ditakar lewat indeks keamanan.

Baca juga: Pulau Christmas, Garda Terdepan Australia di Utara, Surganya Jutaan Kepiting Merah

Meski tak menjelaskan secara rinci atas suatu kejadian, memantau indeks keamanan layak diperhitungkan untuk mengetahui status keamanan di negara-negara yanga akan dituju. KabarPenumpang.com merangkum dari cntraveler.com, bahwa Institute Economics and Peace dengan bantuan dari Economist Intelligence Unit menghitung Indek Keamanan Global setiap tahunnya.

Dari hasil indeks, ada 163 negara pada tingkat negatif, indikator kekerasan di dalam negeri dan tingkat konflik di regional menjadi parameternya. Jika destinasi tersebut masuk dalam daerah konflik atau berpotensi terjadinya gangguan keamanan, maka sebaiknya Anda mencari tempat wisata lain daripada membahayakan nyawa.

Islandia (www.cntraveler.com)

Dan berikut ada 10 negara dengan indeks keamanan terbaik, yang artinya mengunjungi daerah ini sangat direkomendasikan, selain memang karena wisata alamnya yang indah, aspek keamanan di 10 negara ini sangat terjamin. Berikut kesepuluh negara tersebut.

1. Islandia
Negara yang satu ini sudah sepuluh tahun berturut-turut berada di puncak indek keamanan. Negara Nordik mencetak poin terendah untuk kasus pembunuhan, jumlah orang dipenjara dan tindakan teror. Nilai yang di dapat secara keseluruhan 1.111. Masih ada bonus lainnya, Islandia menjadi pulau yang agak sulit terkena masalah sengketa perbatasan.

2. Selandia Baru
Menjadi tujuan terbaik dunia lainnya, Anda mungkin akan terkejut dengan pemandangan pantai yanng menakjubkan daripada konflik internal atau kekerasan yang nilainya menjadi 1.241.

3. Portugal
Tahun 2016, Conde Nast Traveler menyatakan kota Lisbon yang paling diremehkan di Eropa. Indeks Perdamaian Global hanya sekedar menggarisbawahi poin tersebut. Keterjangkauan Portugal relatif dikombinasikan dengan nilai keamanannya 1.258 menjadikannya sebagai satu tempat kunjungan yang harus di datangi.

Swiss (www.cntraveler.com)

4. Austria
Robert Frost menulis bahwa pagar yang baik membuat tetangga yang baik. Dan itu benar, sebab Austria dengan tetangganya termasuk Jerman dan Republik Ceko yang mendapat angka tertinggi pada indeks ternyata Austria mendapat nilai 1.256 untuk impor senjata rendah dan pemilihan damai.

5. Denmark
Secara teratur berada di antara negara-negara paling bahagia di dunia. Denmark mendapat nilai 1.337, dengan hasil ini juga menjadi salah satu yang paling aman selain konflik kecil dengan salah satu pulau kecil tak berpenghuni dengan Kanada.

6. Republik Ceko
Negara yang berada di Revolusi Velvet mendapat 1.360 poin untuk pengeluaran militer per kapita yang rendah dan tindakan kejahatan kekerasan yang relatif sedikit.

Portugal (www.cntraveler.com)

7. Slovenia
Negara ini memiliki teror yang tidak berarti dan sedikit konflik internal. Slovenia berada di posisi yang sedikit lebih tinggi daripada rata-rata yang bisa membuat pengunjung merasa lebih aman. Berada di angka keamanan 1.364, pelancong tujuan Eropa bisa menjelajahi permata tersembunyi seperti Ljubljana dan lembah Sungai Soca.

8. Kanada
Angka kemanan 1.371 menjadikan Kanada lebih aman dibandingkan dengan negara dibawahnya yakni Amerika Serikat. Kota Toronto menjadi salah satu yang teraman di negara ini untuk disinggahi.

9. Swiss
Memiliki nilai berbeda sedikit dari Kanada yakni sebesar 1.373 ini mencatat tidak adanya konflik internal dan eksternal. Ini bisa memberikan waktu banyak untuk menyelesaikan proyek seperti terowongan terpanjang dan terdalam di dunia.

Baca juga: Kenali 10 Rute Kapal Ferry Terindah di Dunia

10. Irlandia dan Jepang
Dua negara ini memiliki nilai keamanan dunia 1.408. Jepang mendapat nilai ini karena jumlah pembunuhan yang rendah dan sedikitnya akses terhadp senjata. Selain kemanan, negara ini juga mempermudah pelancong untuk berkeliling dengan kereta api berkecepatan tinggi. Ini juga merupakan misi untuk menaikkan jumlah pengunjung di tahun 2020 mendatang. Sedangkan Republik Irlandia mencetak nilai terbaik untuk ketidakstabilan politik dan teror politik yang rendah. Ada tempat-tempat indah dan pulau-pulau kecil seperti Emerald Isle yang bisa disuguhkan untuk Anda.