Berakhir Sebagai “Rumah Ikan,” Inilah Detik-Detik Dramatis Penenggelaman Kapal Ferry

Sumber: The News Journal

Sebuah kapal ferry yang dioperasikan oleh Delaware River and Bay Authority (DRBA), Cape May-Lewes baru-baru ini menjadi sorotan publik dunia. Pasalnya kapal yang selama ini beroperasi di Teluk Delaware, Amerika Serikat tertangkap kamera kandas di sekitar Del-Jersey-Land Inshore Artificial Reef. Kapal ini sendiri diketahui karam pada Jumat (15/6/2018) kemarin.

Baca Juga: Angkut 139 Penumpang dan Puluhan Kendaraan, KM Lestari Maju Tenggelam di Perairan Selayar

Namun Anda jangan salah kaprah terlebih dahulu. Ternyata kapal ini memang sengaja ditenggelamkan untuk menciptakan karang buatan (artificial reef) di lokasi tersebut. Dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, sejumlah pihak yakin bahwa Cape May-Lewes Ferry akan menyediakan habitat buatan untuk kehidupan mahkluk laut.

Tidak hanya Motor Vessel (MV) seberat 2.100 ton ini saja yang ditenggelamkan di Del-Jersey-Land Inshore Artificial Reef. Sebelumnya, sudah ada dua kapal ferry lain yang juga telah menciptakan habitat buatan – pertama adalah USS Arthur W. Radford pada tahun 2011, yang disusul oleh kapal yang digunakan dalam perang Iwo Jima.

“Diharapkan ini menjadi satu tambahan yang baik untuk kelangsungan ekosistem laut buatan di Del-Jersey-Land Inshore Artificial Reef. Dimana kelak ferry itu akan menambah keindahan yang bisa dilihat oleh para penyelam,” tutur salah satu pihak berwajib di sana.

Seperti yang mungkin selama ini Anda pernah lihat di layar kaca, dimana sebuah kapal yang kandas lama kelamaan akan bertransformasi menjadi tempat tinggal para biota laut, seperti ikan, terumbu karang, dan lain-lain.

Dalam sebuah video yang diunggah ke laman Youtube, tampak ada tiga kapal kecil yang turut ‘mendampingi’ Cape May-Lewes Ferry sebelum dikandaskan. Kuat dugaan, kapal ini ditenggelamkan dengan menggunakan bahan peledak yang akan melubangi lambung kapal. Setelah itu air akan masuk memenuhi dek dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja sebelum kapal ini tenggelam dengan sendirinya.

Baca Juga: Masalah Manifes, Bukti Carut Marutnya Layanan Pelayaran di Tanah Air

Sebagai informasi tambahan, Cape May-Lewes Ferry sendiri mulai beroperasi pada 1 Juli 1964 dan menggantikan peran dari lima kapal uap yang beroperasi di Chesapeake Bay, yang menghubungkan Cape Charles dan Virginia Beach. Namun rute pengoperasoan dari kapal ferry ini digeser menuju Teluk Delaware seiring dengan pembukaan Chesapeake Bay Bridge-Tunnel.