Bantu Ringankan Beban Tugas, Kepolisian Dubai Siap Rilis Robocop!

Robocop. Sumber: voanews.com

Jika selama ini kita hanya bisa menikmati peran dari robot polisi melalui film Robocop, nampaknya kita harus mulai merubah persepsi tersebut. Kini, Anda tidak perlu lagi bersusah payah membayangkan bagaimana jika tugas seorang polisi yang selama ini ditekuni oleh manusia digantikan oleh seonggok besi berteknologi tinggi, karena kepolisian Dubai baru saja merilis sebuah robot yang ditugaskan sebagai polisi. Wah, kira-kira kinerjanya secanggih Robocop yang ada di film tidak ya?

Baca Juga: Perkenalkan Flagman, Robot Pengatur Lalu Lintas di India

KabarPenumpang.com melansir dari laman yourdailydish.com, Robocop merupakan nama yang dipilih untuk memudahkan masyarakat mengingat robot ini. Jika di film tersebut, Robocop merupakan transformasi dari seorang polisi yang dibunuh oleh sekawanan penjahat, tapi tidak dengan robot yang diproduksi oleh Pal Robotics ini. Tugasnya yang diemban pun berbeda dengan yang ada di film. Jika Robocop versi film ditugaskan untuk membasmi kejahatan, maka Robocop versi Pal Robotics ditugaskan untuk mengayomi dan melayani masyarakat.

Robocop mahakarya Pal Robotics ini nantinya akan ditempatkan di pusat perbelanjaan dan tempat-tempat wisata. Orang-orang dapat menggunakan jasa Robocop ini untuk melaporkan kejahatan yang mereka lihat, membayar denda, atau hanya sekedar untuk mendapatkan informasi. “Sekarang kebanyakan orang mengunjungi kantor polisi atau layanan pelanggan, namun dengan alat ini kita bisa menjangkau masyarakat 24/7. Berbeda dengan tenaga manusia yang bisa saja ijin karena sakit atau cuti hamil,” ungkap Brigadir Khalid Al Razooqi, Direktur Jendral Layanan Kepolisian Dubai.

Sebuah kamera built-in akan tertanam di dalam tubuh si robot yang berfungsi untuk menampilkan ‘pandangan’ si robot ke pusat komando polisi. Brigadir Khalid menyebutkan bahwa jika program robot polisi ini berhasil menuai respon positif dari masyarakat, maka kepolisian Dubai akan mulai mempertimbangkan penggunaan robot polisi untuk menangani masalah kejahatan. Seperti biasa, sebelum diterjunkan langsung ke lapangan, pihak Pal Robotics selaku perakit dan Kepolisian Dubai selaku pemesan akan mengujicoba robot ini terlebih dahulu.

Baca Juga: Hitachi Luncurkan EMIEW3, Robot Pintar di Bandara Dengan Artificial Intelligence

Lebih lanjut, Brigadir Khalid mengatakan bahwa Kepolisian Dubai akan menyanggupi pengoperasian 25 persen robot polisi dari keseluruhan kekuatan yang ada pada tahun 2030 mendatang. Setidaknya, antara polisi dan Robocop ini bisa saling mengisi kekosongan sektor dan saling bahu membahu untuk mengentaskan masalah sosial yang terjadi di masyarakat.