Bandara Vancouver Adopsi Teknologi LED Sebagai Sistem Pencahayaan di Apron

Vancouver International Airport baru-baru ini mengganti sistem pencahayaan mereka dengan Light-Emitting Diode (LED). Musco Lighting ditunjuk sebagai perusahaan yang dipercaya untuk menangani pergantian sistem pencahayaan di bandara dengan kode YVR ini. Sebagaimana KabarPenumpang.com kutip dari airport-technology.com, Jumat (26/5/2017), sistem pencahayaan baru ini diharapkan dapat membantu mengurangi konsumsi daya listrik bandara, memperluas cakupan pencahayaan, serta meningkatkan keamanan bagi seluruh kru bandara, mulai dari pilot hingga petugas di lapangan.

Baca Juga: Layani Penerbangan Malam, ILS Wajib Terpasang di Runway Bandara

Dengan dipasangnya lampu LED tersebut, maka bandara yang terletak di Sea Island, Richmond, British Columbia, Kanada ini berhak mendapatkan penghargaan sebagai bandara pertama di wilayah Amerika Utara yang menerapkan sistem peredupan adaptif berdasarkan penggunaan gerbang, yang artinya tingkat pencahayaan akan meningkat dan menurun berdasarkan jadwal gerbang untuk menghemat daya saat tidak digunakan. Wakil Presiden Bagian Teknik Otoritas Bandara Vancouver, Don Ehrenholz mengatakan tujuan utama dari pergantian sistem tersebut adalah untuk mengoperasikan serta memelihara bandara agar tetap aman, nyaman, dengan energi berkelanjutan.

“Sistem pencahayaan yang kami ganti di landasan beton secara signifikan mengurangi konsumsi energi listrik dari bandara YVR, selain itu juga dapat memangkas biaya operasi, serta dapat memperluas cakupan wilayah terang di lapangan sehingga secara otomatis meningkatkan keamanan,” ujar Don Ehrenholz.

Di sisi lain, sistem pencahayaan anyar yang terpasang pada struktur Bandara Vancouver menawarkan distribusi pencahayaan yang seragam, namun dilengkapi dengan sebuah teknologi yang memungkinkan adanya pengaturan untuk mengontrol silau, namun pencahayaan tersebut masih memiliki kualitas tinggi. Selain itu, lampu berkualitas tinggi mulai diterapkan hanya bila diperlukan. Terpasangnya teknologi semacam ini juga akan meningkatkan efisiensi operasional, sebagaimana hal tersebut yang menajdi salah satu tujuan dibalik pergantian sistem pencahayaan ini.

Baca Juga: Hanya Dengan Single Runway, Bandara di Mumbai Layani 837 Penerbangan Per Hari

Pergantian sistem pencahayaan menjadi LED yang ditawarkan oleh pihak Musco sudah bida dibilang lengkap, terbukti dengan komponen struktural dan komponen listrik yang saling berkesinambungan. Wakil Presiden dari Musco Lighting, Jeff Rogers mengatakan setiap proyek yang berhubungan dengan penerangan amatlah unik. “Pertimbangan untuk penerangan di bandara harus ditinjau berulang-ulang, karena semua itu amat tergantung dari ukuran bandara dan cakupannya,” tutur Jeff. “Semakin besar bandara maka semakin besar pula tantangannya,” tambahnya.

Dengan adanya pergantian sistem pencahayaan ini, diharapkan sistem LED dapat menghemat sekitar 715.000KW/jam per tahun, atau setara dengan memasok listrik ke 72 rumah setiap tahunnya. Pergantian sistem pencahayaan ini merupakan salah satu bentuk pengaplikasian nyata dari empat rencana bandara Vancouver dalam rentan waktu 2015-2019. Adapun keempat rencana yang tengah diusahakan oleh pihak bandara adalah mengurangi emisi gas rumah kaca; Mengurangi limbah; Mengurangi konsumsi air minum; Serta meningkatkan kesehatan ekosistem.