Bagi Yang Kerap Ketinggalan Pesawat, Maskapai Ini Punya Solusi Untuk Anda

Ilustrasi keterlambatan penumpang (The Sun)

Sering terlambat sampai di bandara bisa membuat Anda tak bisa lagi check in dan tidak jadi berangkat ke tujuan Anda. Ini sebenarnya bisa dihindari bila Anda melihat jadwal keberangkatan dengan benar dan baiknya datang ke bandara lebih awal atau minimal 90 menit sebelum keberangkatan. Atau secara bijak Anda bisa menyesuaikan dengan tingkat kemacetan dan jalur transportasi yang Anda pilih untuk menuju bandara

Kedatangan di awal, merupakan hal paling baik, bukan hanya tidak akan terlambat, melainkan Anda masih bisa bersantai sembari menunggu pesawat. Dirangkum KabarPenumpang.com dari thesun.co.uk (2/8/2017), ternyata beberapa maskapai luar negeri dari EasyJet sampai ke Virgin Airlines menerapkan beberapa hal untuk panduan kebijakan keterlambatan bagi Anda yang kerap terlambat tiba ke bandara.

Baca juga: Terlambat 2 Jam, Bagasi Penumpang Malindo Air Tak Kunjung Tiba Setelah 5 Jam Menanti

1. EasyJet
Maskapai Low Cost Carrier (LCC) ini memberikan penawaran untuk masalah keterlambatan bila sudah tak lagi di izinkan untuk check in, apalagi masuk dalam penerbangan dengan membayar £7,50. Pihak EasyJet akan menempatkan Anda pada penerbangan yang tersedia berikutnya secara gratis atau menawarkan pengembalian dana penuh asalkan Anda sebagai penumpang tiba empat jam sebelum jadwal keberangkatan.

Untuk permasalahan ini, penumpang bisa menghubungi Simply head to the EasyJet Sales Desk atau telepon ke contact center 24 jam bila tida ada petugas di desk counter. Jika dari awal tidak direncanakan, EasyJet juga menawarkan biaya penyelamatan £80 untuk memesan penerbangan berikutnya selama Anda tiba di bandara dua jam sebelum jadwal keberangkatan berikutnya.

2. Ryanair
Ryanair yang juga LCC menawarkan Miss Depature Fee dengan biaya £100 untuk memesan penerbangan berikutnya yang tesedia. Tetapi Anda harus tiba satu jam sebelum keberangkatan yang dijadwalkan berikutnya.

3. Thomson
Maskapai yang satu ini, bisa dikatakan tega, sebab jika Anda terlambat untuk menaiki penerbangan yang seharusnya, maka tidak akan ada pengembalian uang atau penggantian pesawat. Sehingga, dalam masalah menggunakan maskapai Thomson, Anda wajib membeli tiket baru.

Baca juga: Lion Air, Punya Citra Buruk Soal Keterlambatan Jadwal Penerbangan

4. Flybe
Sebagai penumpang maskapai Flybe, bila terjadi keterlambatan atau pembatalan terhadap Anda, baiknya diberitahukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Sebab, bila tidak ada pemberitahuan, maka Anda akan kehilangan penerbangan yang harusnya Anda lakukan.

5. Monarch
Maskapai yang satu ini pun tak jauh berbeda dengan Thomson dan Flybe. Sebab, tidak akan ada pengembalian uang bila Anda terlambat ataupun mengganti jadwal penerbangan. Tetapi Monarch akan meenyarankan untuk Anda pergi ke loket tiket atau membeli penerbangan tiket baru melalui online.

6. Thomas Cook
Maskpai yang satu ini juga tidak memberikan pengembalian dana penerbangan baik keterlambatan atau peggantian. Namun, maskapai ini memberi bantuan dalam melakukan pemesananan perjalanaan lain. “Kami meminimalkan biaya dimana kami bisa tapi pelanggan harus membayar sesuatu,” ujar juru bicara Thomas Cook

7. British Airways
BA tidak akan memberikan pengembalian uang jika Anda terlewat pada penerbangaan, tetapi secara otomatis memesan Anda pada penerbangan penghubung berikutnya jika penerbangan awal tertunda jika Anda menggunakan penerbangan lanjutan dengan BA.

“Jika Anda memesan penerbangan penerbangan Anda secara terpisah dengan maskapai lain, kami tidak akan dapat membantu, bahkan jika penerbangan kami terlambat. Dalam situasi ini silahkan menghubungi maskapai yang Anda pesan untuk penerbangan Anda selanjutnya,” ujar juru bicara BA.

Baca juga: Tanggalkan Pakaian Sebelum Mengudara, Pria Ini Tunda Keberangkatan Pesawat

8. Virgin Atlantic
Pelanggan yang terlambat saat akan berangkat dengan Virgin Atlantic akan menanggung resiko tidak adanya penggembalian uang tiket. Tetapi, bagi penumpang yang menjadi anggota maskapai ini dengan status kartu emas atau platinum akan dipindahkan ke perbangan berikutnya secara gratis dan untuk yang bukan anggota, pihak maskapai akan membantu dengan biaya penerbangan selanjutnya.

Hal ini terjadi bila adalah kesalahan Anda, tetapi jika Anda menggunakan paket tur, maka tanggung jawab mereka dan biaya harus ditanggung penyedia tur.