Antisipasi Lonjakan Penumpang Saat Imlek, Bandara Macau Operasikan Terminal Ekstensi Baru

North Extension Macau International Airport. Sumber: camacau.com

Peningkatan jumlah permintaan terhadap perjalanan udara yang terjadi belakangan ini memaksa sejumlah elemen terkait untuk mengimbanginya. Di beberapa negara, pemerintah setempat memutuskan untuk mendirikan sebuah bandara baru untuk mengimbangi tingginya permintaan perjalanan udara tersebut.

Baca Juga: Di 2019, Cina Siap Operasikan Bandara Internasional Terbesar di Dunia!

Tapi tidak sedikit pula yang memutuskan untuk melakukan ekstensi terminal agar mampu menampung jumlah penumpang dalam skala yang lebih besar, seperti contohnya Macau International Airport (MIA).

Seperti yang dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, adapun perluasan yang dilakukan oleh bandara berkode MFM ini ditujukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diperkirakan bakal terjadi pada periode puncak Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Jumat (16/2/2018). Secara otomatis, ekstensi seluas 14.000 meter persegi ini mencakup peningkatan kapasitas terminal, dimana sekarang bandara ini mampu mengakomodir sekitar 7,8 juta penumpang.

Tidak hanya itu, perluasan ini juga mencakup penambahan sejumlah fasilitas, seperti boarding bridge biasa dan empat remote boarding bridge, boarding counter, hingga sistem penanganan bagasi teranyar. Hadirnya beberapa fasilitas penunjang pengoperasian bandara ini dipercaya mampu meningkatkan efisiensi dan pengalaman para penumpang. Di luar itu semua, sejumlah perangkat lain pun turut dipasangkan pada terminal ekstensi yang rampung pada petengahan Februari  2018 ini.

Salah satu sudut North Extension. Sumber: ggrasia.com

Untuk bagian interior, desain plafon dan lantai baru pun tak luput dari perhitungan pihak bandara. Desain yang simpel namun menonjolkan sisi kemewahan ini dimaksudkan untuk menciptakan nuansa nyaman dan kesan luas bagi siapapun yang menyambanginya.

Dalam sebuah pernyataan resmi, pihak Macau International Airport mengutarakan bahwa diperkirakan volume penumpang harian melonjak melebihi angka 20.000 selama periode libur Tahun Baru Imlek. Angka tersebut juga dibarengi dengan peningkatan arus lalu lintas udara sebesar lima persen dari angka normal.

Baca Juga: Bandara-Bandara Tertinggi di Dunia, Sebagian Besar Berada di Cina

Guna mengimbangi perkiraan tersebut, pihak bandara mengatakan akan meningkatkan jumlah dari pos pengecekan dan memasok petugas di posko pengamanan lima persen lebih banyak dari hari biasa. Operator bandara ini menambahkan bahwa pengembangan North Extension ini telah mendapat dukungan penuh dari Macau Special Administrative Region (SAR).