Angels Flight, Jalur Kereta Terpendek, Akhirnya Beroperasi Kembali

Jalur Terpendek Angels Flight (mashable.com)

Biasanya, jika sudah membicarakan tentang kereta api adalah bagaimana kecepatannya dan sepanjang apa jalurnya serta berapa lama waktu tempuhnya. Mungkin Anda saat ini hanya mengenal kereta dengan jalur biasa atau jalur terpanjang saja.

Baca juga: Tragedi Garut Tegaskan Banyak Titik Rawan Longsor di Sepanjang Jalur Kereta di Tanah Pasundan

Tapi tahukah Anda di dunia ini ternyata ada jalur kereta terpendek? Ya, jalur ini hanya sekitar 91 meter dengan nama Angels Flight dan berada di distrik Bunker Hill di Los Angeles, Amerika Serikat. KabarPenumpang.com merangkum dari laman mashable.com (1/9/2017), jalur kereta ini sudah ada sejak tahun 1901 mengubungkan Hill Street yang ada di atas bukit dan Olive Street yang ada di kaki bukit. Jalur Angels Flight ini dilintasi oleh dua buah kereta kecil yang masing-masing mampu mengangkut 15 orang penumpang sekali perjalanan.

Kedua kereta ini juga memiliki nama yakni Sinai dan Olivet dan berjalan bersama dari dua stasiun yang berbeda. Dikarenakan jalur kedua kereta ini berada di bukit, maka lintasannya pun menjadi miring.

Tak hanya jalur yang pendek, kereta ini memiliki waktu tempuh yang sangat singkat hanya satu menit. Selain itu tempat duduk di dalam kereta pun dibuat berundak seperti tangga.

Kereta di jalur Angels Flight (mashable.com)

Jalur ini sempat beberapa kali berhenti beroperasi karena distrik Bunker Hill berubah menjadi daerah modern sehingga Angels Flight tak lagi dibutuhkan. Namun, berkat usaha warga setempat, tahun 1996, Angels Flight kembali dioprerasikan.

Sayangnya, masa kemunduran kembali di alami tahun 2001, dimana terjadi kecelakaan yang menyebabkan satu orang meninggal dan yang lainnya luka-luka. Ini membuat Angels Flight izin operasinya di tahan.

Tahun 2010 lalu, Angels Flight kembali beroperasi, namun tahun 2013 kecelakaan kembali terjadi. Meski tidak ada korban luka, kecelakaan ini kembali membuat pemerintah setempat enggan memberi izi pengoperasian Angels Flight.

Baca juga: Terowongan Notog “Baru,” Siap Tembus Jalur Kereta Purwokerto-Kroya dengan Rel Ganda

Banyak yang mengira nasib jalur ini berakhir, tetapi ternyata pada Maret 2017 lalu, Angels Flight kembali beroperasi dengan keamanan yang terjamin. Dengan adanya jalur kereta pendek ini, menghemat sekitar 200 langkah kaki untuk menuju ke inti kota bersejarah.

Sekali berjalan, penumpang maupun para pelancong yang akan menikmati kota bersejarah di Bunker Hill hanya merogoh kocek $0,50.