Akibat Masalah Teknis di Terminal 1 dan 2, Bandara Sydney Tak Beroperasi Beberapa Jam

Antrian penumpang di bandara Sydney karena masalah teknis yang terjadi

Bandara Sydney (Kingsford Smith Airport) di New South Wales, Australia dilaporkan baru-baru uini mengalami masalah teknis pada Terminal 1 dan Terminal 2. Masalah ini membuat penumpukan penumpang bukan hanya di dalam melainkan membuat antrian mengular hingga keluar.

Baca juga: Gara-Gara Listrik Mati, Bandara Sydney Menuai Delay Panjang

KabarPenumpang.com melansir dari laman zdnet.com, juru bicara bandara Sydney mengatakan bahwa masalah ini membuat mereka tidak bisa memproses pelanggan. Kesalahan yang ada terkait dengan sistem dan mempengaruhi beberapa kamera, pintu bandara hingga alarm. Hal ini membuat pihak bandara tidak bisa memproses untuk memastikan keselamatan penumpang yang akan terbang. Pihaknya juga mengatakan agar penumpang mengecek pada maskapai masing-masing karena masalah ini.

“Kami mengalami masalah teknis di T1 dan T2 yang menyebabkan gangguan pemrosesan dan penundaan penumpang. Dan kami berupaya meyelesaikan masalah ini secepat mungkin dan terimakasih atas kesabaran Anda,” kata pihak bandara melalui akun Twitter mereka.

General manager of corporate affairs Bandara Sydney,  Sally Fielke mengatakan, Terminal 3 beroperasi penuh, sedangkan di T1 dan T2 hanya mempengaruhi penerbangan keluar. “Kami mengalami penundaan keluar sementara. Kami akan memulai beberapa pemrosesan manual sehingga penerbangan bisa mulai bergerak,” katanya.

Pihak bandara juga memberitahukan, agar penumpang tidak dulu ke T1 dan T2 sampai pemberitahuan lanjutan. Akibat masalah teknis ini selain penumpang yang terlantar, beberapa maskapai seperti Jetstar, Virgin dan Tiger terkena dampaknya.

Dalam tweet yang dituliskan Virgin Australia, Jumat pukul 08.40 waktu setempat, pemeriksaan keamanan di bandara mulai kembali dibuka dan beroperasi secara normal. “Jalur keamanan di bandara Sydney sekarang sudah kembali beroperasi pada muatan  normal menyusul masalah teknis yang sebelumnya terjadi. Akibatnya beberapa layanan Virgin Australia mungkin akan terpengaruh,” tulis maskapai tersebut di akun Twitternya.

Baca juga: Buntut Penangkapan Teroris di Sydney, Seluruh Bandara di Australia Alami Penumpukan Penumpang

Diketahui gangguan yang terjadi pada hari Jumat itu, datang 24 jam setelah terminal domestik mengalami masalah dengan persediaan air, dimana para pelancong mengeluh bahwa toilet menyala tidak sama dengan biasanya. Masalah ini terjadi di T2 dan T3.

Selain itu kejadian masalah teknis pada teknologi informasi bandara Sydney juga pernah terjadi bulan September 2017 lalu. Penundaan penerbangan selama dua jam lebih karena sistem Airservices terkena masalah.