Agar Terhindar Jatuh dari Kapal, Sejumlah Hal Wajib Diperhatikan

Ilustrasi terjatuh dari kapal pesiar (Inside Edition)

Perjalanan dengan kapal nusantara atau kapal ferry untuk jarak dekat memang punya ciri khas tersendiri, salah satunya adalah keindahan laut yang menjadi pemikatnya. Namun apa jadinya saat tiba-tiba ada kabar seseorang terjatuh dari kapal yang berpotensi mengancam nyawa. Di Indonesia, seorang penumpang berwarganegara Australia pernah terjatuh dari kapal pesiar saat menaiki Carnival Australia dalam perjalanan menuju Singapura.

Baca juga: Tanpa Alasan yang Jelas, Penumpang Kapal Pesiar Ini Terjun ke Laut Lepas!

Penumpang pria itu terjatuh di Perairan Kijang, Bintan, Kepulauan Riau pada 19 Mei 2018 kemarin dan hingga kini belum ditemukan bagaimana kondisinya. Tak hanya itu, pada Maret 2018 seorang wanita terjatuh dari Norwegian Epic, untungnya wanita tersebut bisa diselamatkan dan dilarikan ke rumah sakit sesaat setelah ditemukan di perairan.

Wanita tersebut diketahui saat itu tampaknya mabuk dan tak sadarkan diri. Kejadian ini mungkin tidak sekali atau dua kali, sehingga ada baiknya tidak sendirian saat bepergian di kapal pesiar.

KabarPenumpang.com merangkum dari laman wikihow.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan segera saat terjatuh dari kapal. Berikut ini ada tips yang bisa digunakan pada penumpang yang mengalami situasi tidak menguntungkan karena rasa takut dan panik mendera.

1. Jangan pergi sendirian di kapal pesiar
Saat kondisi kapal pesiar sedang sepi, aktivitas berbahaya kemungkinan besar bisa terjadi. Sehingga baiknya bepergianlah bersama orang lain atau pastikan sekeliling terdapat orang banyak sehingga Anda bisa merasa aman.

2. Seseorang berniat jahat seperti mendorong
Jangan pergi sendirian, karena Anda tidak akan tahu bila ternyata ada seseorang yang sengaja ingin mendorong. Hal ini mungkin jarang terjadi tetapi, ada baiknya berteriak sekeras yang Anda bisa untuk meminta tolong. Berteriak kebakaran juga akan membuat orang sekitar memperhatikan Anda dari pada hanya berteriak tolong, meludahi, memukul, menendang atau membela diri dengan cara apapun pada orang yang akan menyakiti Anda. Mungkin terdengar seperti lelucon, tetapi ini adalah hal terbaik yang bisa membantu Anda dan menyingkirkan penganggu tersebut.

3. Jika terlempar dan terjatuh
Ketika terlempar dan jatuh, raih sesuatu yang bisa di pegang untuk mempertahankan tubuh tetap di kapal. Biasanya kapal pesiar memiliki beberapa dek dan Anda tak sengaja terjatuh saat melewati dek, maka berpegang pada pegangan dan bantalan lainnya.

4. Terjatuh di air
Bila Anda terjatuh di air, berteriak sekeras mungkin. Ini adalah masalah hidup dan mati Anda. Yang jelas berteriaklah atau lakukan apa yang Anda pikirkan, karena diam saja tidak akan menolong Anda.

5. Tetap bertahan
Jangan panik, bila masih berada di dek baiknya coba memindahkan pegangan Anda perlahan dan jatuhkan apapun yang bisa mengapung dekat Anda.

6. Tetap berteriak
Mungkin saat Anda terjatuh tidak ada orang yang sadar, tetapi saat berteriak mereka bisa saja mendengar dan melihat kemudian mencari bantuan. Yang jelas buatlah perhatian agar Anda bisa di tolong dan selamat.

7. Kapal melaju meninggalkan Anda
Anda terjatuh kedalam air, mungkin tidak sempat untuk mengejar, tetapi bisa melambaikan tangan ke atas untuk memberi sinyal bantuan, apalagi jika melihat ada kapal mendekat hal itu sangat penting dilakukan.

Baca juga: Tak Hanya Pesawat dan Kereta Api, Penumpang Kapal Pesiar Juga Punya Tipe Tersendiri

8. Berenang ke pantai
Mungkin saat terjatuh, ternyata tak jauh dari sebuah pulau atau daratan. Cobalah berenang ke arah daratan tersebut dan bertahan hiduplah di alam liar sampai bantuan untuk menyelamatkan Anda datang. Mungkin juga daratan tersebut berpenghuni sehingga Anda bisa selamat.

9. Pertolongan
Anda sudah selamat, baiknya langsung mencari pertolongan medis. Karena bisa saja mengalami luka atau trauma karena terjatuh. Anda bisa juga melaporkan kasus ini kepada pihak berwenang di kapal dan beritahu kondisi kepada mereka.

10. Harapan
Bila lebih dari 3-4 jam Anda tidak ditemukan oleh siapapun. Berharaplah hal terbaik, ingat masa-masa indah Anda agar merasa lebih nyaman meski terdampar tak jelas.