Aeroliner3000, Konsep Kereta Cepat Inggris dengan Double Decker

Konsep Aeroliner3000. Sumber: dlr.de

Sehubungan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka tidak heran rasanya jika banyak perusahaan penyedia jasa layanan transportasi berdondong-bondong untuk menghadirkan inovasi terbarunya. Bahkan, tidak sedikit juga dari mereka yang sampai-sampai membuat sebuah kompetisi hanya demi mengkoneksikan antara inovasi di sarana transportasi, dan peningkatan kenyamanan dan keamanan penumpang.

Baca Juga: Inilah 10 Kereta Tercepat di Dunia

Dalam sebuah acara bertajuk ‘Tomorrow’s Train Design Today’ yang diadakan di Inggris, German Aerospace Center (DLR) berkolaborasi dengan Andreas Vogler Studio (AV Studio) dalam mengembangkan konsep kereta Aeroliner3000. Acara ini sendiri merupakan sebuah kompetisi yang diikuti oleh sejumlah perusahaan, dimana mereka saling bersaing untuk menghadirkan solusi moda transportasi masa depan di Inggris. Dari sejumlah kompetitor yang turut mengikuti kompetisi ini, DLR dan AV Studio keluar sebagai salah satu dari tiga finalis yang semakin dekat untuk merealisasikan konsep Aeroliner3000 miliknya.

Sebagaimana yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman dlr.de, guna melancarkan konsep Aeroliner3000, DLR dan AV Studio mendapatkan kucuran dana sebesar 1.032.000 Euro atau yang setara dengan Rp17,4 miliar dari sejumlah sponsor. Adapun fokus dari acara ini adalah untuk menghadirkan sebuah sarana transportasi berkecepatan tinggi dalam kurun waktu 30 tahun mendatang.

“Sistem perkeretaapian Inggris tengah menghadapi lompatan inovasi, umur kereta yang sudah mulai tua pun harus diganti dengan yang baru, serta kecepatan dan keamanan pun perlu ditingkatkan,” ungkap Joachim Winter dari Institut Konsep Kendaraan DLR di Stuttgart. Konsep Aeroliner3000 yang merupakan kereta dengan gerbong tingkat ini sendiri digalang-galang akan lebih cepat, aman, nyaman, dan lebih ramah lingkungan, maka tidak heran jika banyak pihakyang menginginkan kereta ini menjadi salah satu bagian dari sarana transportasi di Britania Raya.

Ya, dengan menggunakan gerbong bertingkat, itu berarti kapasitas penumpang pun akan secara otomatis bertambah, kurang lebih sekitar 20 persen dari kapasitas kereta biasa. “Aeroliner3000 adalah kereta konseptual yang benar-benar baru. Menggunakan teknologi inovatif dan desain yang cerdas, kami mampu menunjukkan bahwa Aeroliner3000 mampu menjadi sebuah layanan kereta double decker berkecepatan tinggi dan menjadi solusi yang menjanjikan bagi jaringan perkeretaapian di Inggris,” ungkap Andreas Vogler.

Baca Juga: Ouigo, Kereta Cepat Bergaya TGV dengan Tarif Rendah

Kompetisi ‘Tomorrow’s Train Design Today’ yang dihelat pada tahun 2015 silam ini sendiri merupakan salah satu bagian dari Future Railway Programme, dimana Royal Institute of British Architects (RIBA) dan Departement for Transport (Dft) saling berkolaborasi guna melancarkan program ini. Future Railway Programme sendiri merupakan inisiatif gabungan dari operator perkeretaapian Inggris, Network Rail dan British Rail Safety and Standards Boards (RSSB).