2020: Airbus Sulap Ruang Kargo Pesawat Jadi Kamar Tidur

Airbus rencanakan ruang kargo menjadi kamar tidur (Airbus)

Interior kabin pesawat sudah sedemikian rupa diolah oleh para desainer agar mampu memuaskan kebutuhan penumpang dan kepentingan bisnis maskapai. Namun toh pada akhirnya interior kabin pesawat ada batasannya, terutama soal ukuran dan kapasitas. Ketika ruang dalam kabin sudah ‘mentok’ untuk diolah, maka bukan berarti terobosan para perancang berhenti disitu.

Baca juga: Lebih Mewah dan Super Mahal, Singapore Airlines Sulap Suite Kelas Satu di Airbus A380

Apa jadinya jika kursi kabin tetap ada di tempatnya, namun bagian kargo pesawat tempat barang bawaan penumpang menjadi kamar tidur bahkan tempat bermain anak-anak? KabarPenumpang.com melansir dari laman thesun.co.uk (11/4/2018), baru-baru ini Airbus berencana untuk membuat zona tidur di ruang kargo pesawat mereka.

Modul rencana Airbus gunakan ruang kargo pesawat (Airbus)

Rancangan pesawat tersebut, Airbus bekerja sama dengan Zodiac Aerospace dalam desain tempat tidur datar yang akan mengisi area bawah pesawat. Modul yang akan di muat dalam ruang kargo pesawat nantinya adalah jika tidak ingin ruang tidur bisa kembali menjadi sebuah ruang kargo lagi.

Lantai dan sistem pemuatan kargo pesawat tidak akan terpengaruh karena dalam modulnya, penumpang akan langsung duduk dan menggunakannya. Ruang kargo ini juga selain zona tidur dibuat juga lounge dengan area tempat duduk serta televisi, ruang rapat, area bermain anak hingga pusat medis.

Nantinya modul seperti ini akan hadir dipesawat berbadan lebar milik Airbus dan tahapan awal pada A330 serta akan mulai dihadirkan tahun 2020 mendatang.

“Pendekatan ini untuk perjalanan udara komersial adalah langkah perubahan menuju kenyamanan penumpang. Kami telah menerima umpan balik yang sangat positif dari beberapa maskapai penerbangan pada mock-up pertama kami. Kami senang bermitra dengan Zodiac Aerospace pada proyek ini yang akan memperkenalkan pengalaman penumpang baru dan menambah nilai bagi maskapai penerbangan,” ujar Kepala Kabin dan Kargo Program Airbus.

Baca juga: Kreatif! Pilot ini Sulap Bangkai Airbus A330 Menjadi Sebuah Museum

Pada bulan lalu, maskapai Qantas juga mengumumkan untuk menempatkan penumpangnya di dalam palka atau ruang kargo. Rencana maskapai penerbangan milik Australia tersebut bernama Project Sunrise. Hal ini akan memungkinkan wisatawan untuk berolahraga dan beristirahat pada setiap penerbangan jarak jauhnya dengan rute Australia menuju ke London.